Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat
2018: 2. Penguatan Inovasi Teknologi (Pangan, Pertanian, Energi, Transportasi) Bagi Pemerintah Daera

PELATIHAN BERBASIS INTERNET DENGAN MEMANFAATKAN PERAN SOSIAL MEDIA DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI DESA-DESA WISATA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

Muhammad Fauzan Noor (a:1:{s:5:"en_US"
s:27:"Politeknik Negeri Samarinda"
})

Dini Zulfiani (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Kabupaten Kutai Kartanegara, telah membentuk 14 Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), yangada pada desa-desa wisata dan tersebar di beberapa kecamatan. Desa-desa tersebut mempunyaikonsep pengembangan desa wisata alam, budaya, bahari (pantai) dan juga agro, sehingga sangatmenarik untuk melakukan beragam aktivitas wisata.Desa-desa tersebut sangat membutuhkan sumber daya manusia yang terlatih dalam memberikanpelayanan kepada para wisatawan. Namun kualitas sumber daya yang ada masih perluditingkatkan, mereka pun belum memahami dalam menjelaskan dan memberi petunjuk tentangpotensi kepariwisataan yang ada, apalagi dalam hal promosi. Warga masyarakatnya kurangmenyadari bahwa desa mereka mempunyai potensi kepariwisataan namun mereka belummemanfaatkannya untuk dapat memberikan dampak ekonomi secara optimal. Ada 8POKDARWIS terpilih yang patut mendapatkan pelatihan ini. Pelatihan ini melibatkan 2 peserta darisetiap anggota kelompok sadar wisata.Seiring dengan perkembangan teknologi, media sosial merupakan sarana yang paling banyakdiminati saat ini untuk menyempaikan ide, gagasan, data maupun informasi. Demikian jugahalnya dengan promosi. Diharapkan Sumber Daya Manusia yang ada di desa-desa wisatatersebut dapat menguasai tehnik dalam membuat media sosial dan menggunakannya sebagaisarana promosi daerahnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Target/ luaran dari hasil yang diinginkan yakni agar dapat menjadi tenaga pemasaran yang handaldalam mempromosikan potensi obyek dan daya tarik wisata yang ada melalui media sosial,serta akan tersedianya paket wisata yang terpadu sehingga dapat dengan mudah menawarkan ataumemasarkan produk paket tersebut kepada calon pengunjung.Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan tehnik membuat akun beberapa jenismedia sosial sehingga mereka dapat menawarkan program paket wisata dan atraksi yang ada.Kemudian memberikan pelatihan teori – teori promosi beserta aspek-aspek yang mendukung prosespemasaran. Selanjutnya peserta mencoba mempraktekkan penggunaan media sosial yang telahdibuat dengan langsung memasarkannya ke khalayak umum. Pada pelatihan ini kamimengundangperwakilan dari akademisi dan praktisi IT untuk menjadi pemateri tamu dalammenjelaskan pembelajaran seputar teori dan tehnik promosi melalui media sosial.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

psppm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Prosiding Hasil Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Pubikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai wujud diseminasi kegiatan ilmiah pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di ...