Pekerja sektor informal seperti halnya para pekerja sektor pelayanan servis dan bengkel kendaraan,jarang mendapat dukungan pengembangan usaha dari pemerintah. Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) yang dikelola secara swadaya sering berjalan alamiah tanpa panduan pengetahuan danstandar dalam menjalankannya. Usaha kecil tambal ban yang menjamur di sepanjang jalan protokolProvinsi DKI Jakarta dan daerah penyangga seperti Bekasi, Tangerang, dan Depok sangatmemerlukan bantuan berupa peningkatan pengetahuan dalam memberikan pelayanan kepadakonsumen. Sistem kerja yang lebih terarah dengan mengedepankan pelayanan konsumen sertacara bekerja praktis dengan memperhatikan faktor keselamatan (safety) perlu untuk selaludiupayakan. Pengetahuan para pengelola usaha kecil tambal ban dan perbengkelan di KelurahanKlender, Jakarta Timur akan pentingnya SERVQUAL masih rendah, demikian juga dengan safetydan standar operasional kerja. Pelatihan yang sudah dilakukan kepada beberapa peserta pelatihanmampu meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kepedulian akan pentingnya faktorpelayanan dalam menjalankan usaha ini. Melalui peningkatan kinerja usaha kecil tambal ban akanmemberikan manfaat ekonomi bagi para pelaku UMKM ini, sehingga diharapkan mereka dapatberkembang menjadi wirausahawan mandiri.
Copyrights © 2018