Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat
2018: 5. Penguatan Inovasi Pendidikan Bagi Pemerintah Daerah

PELATIHAN STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS

Sri Rejeki Murtiningsih (a:1:{s:5:"en_US"
s:36:"Universitas Muhammadiyah Yogyakarta "
})

Puthut Ardianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2021

Abstract

Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah melakukan pelatihan storytelling untukmeningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris pada siswa SMP. Hal iniberdasarkan pada masalah yang sering dihadapi oleh banyak guru-guru Bahasa Inggris untukmendorong siswa untuk berani bicara dalam bahasa asing tersebut, terutama berbicara didepanbanyak orang.Dalam pengabdian ini, langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan serangkaian kegiatanyang berupa pelatihan storytelling kepada mahasiswa untuk memberikan pelatihan kepada siswaSMP, dan pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam Berbicarabahasa Inggris.Kesimpulan hasil pengabdian tersebut adalah terdapatnya peningkatan kepercayaan diri siswa SMPdalam berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini terlihat berdasarkan observasi yang dilakukan olehguru-guru bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Selain itu, kepercayaan diri dalamberbicara, siswa juga terlihat lebih mampu dalam mengekspresikan diri dalam berakting melaluikegiatan storytelling ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

psppm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Prosiding Hasil Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Pubikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai wujud diseminasi kegiatan ilmiah pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di ...