Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat
2021: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi

MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MELALUI INISIASI PERPUSTAKAAN ANAK PADA TPQ DARUL FALAH, BANJARNEGARA

Merita Arini (a:1:{s:5:"en_US"
s:35:"Universitas Muhammadiyah Yogyakarta"
})

Nur Hidayah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Merita Arini,1* Nur Hidayah2 1* Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2 Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menumbuhkan lingkungan yang mendukung literasi dan budaya membaca pada anak akan memberikan multiplyer effects melalui dampak empowerment agar anak dapat berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang. Tingginya paparan gadget (gawai) (gawai) yang diperparah dengan minimnya sumber daya dan aktivitas yang menstimulus budaya literasi pada anak penting untuk dikelola dengan komprehensif. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menginisiasi lingkungan yang mendukung inovasi pembelajaran dan menumbuhkan minat baca dan budaya literasi pada anak. Mitra pengabdian merupakan TPQ (Taman Pendidikan Alquran) di area pedesaan dengan keterbatasan sumber daya dan rendahnya kemampuan ekonomi walisantri untuk mendukung pengembangan TPQ. Metode pengabdian yang dilakukan menggunakan 1 siklus Action Research yang meliputi diagnosing, planning, action, dan evaluation. Tahap action yang dilakukan berupa inisiasi pendirian perpustakaan anak dan penertiban administrasi, pelibatan peran serta masyarakat dalam pendirian perpustakaan, menyelenggarakan berbagai lomba dan Hari Berkisah serta pendampingan penyusunan rencana pembelajaran literasi bulanan. Hasil kegiatan berupa terbentuknya perpustakaan anak, dilaksanakannya kegiatan lomba-lomba hari berkisah, serta tersusunnya rancangan aktivitas literasi yang akan diterapkan pada pembelajaran di TPQ. Implikasi dari kegiatan ini adalah dibutuhkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan dan mendukung inovasi aktivitas pembelajaran di TPQ. Inisiasi perpustakaan anak mendorong partisipasi masyarakat, menstimulasi inovasi pembelajaran, serta meningkatkan motivasi membaca dan belajar anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psppm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Prosiding Hasil Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Pubikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai wujud diseminasi kegiatan ilmiah pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di ...