Journal of Social Science Education
Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (2020) Journal of Social Education

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 3 Gadingrejo

Fadila Anggraeni (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang nilainya kurang dari KKM di kelas VII SMP Negeri 3 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu tahun ajaran 2019/2020, yang membuka 182 peserta idik. Sampel diambil sebanyak 20% dari populasi yaitu 36 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interval dan proporsi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah motivasi (86,11%). Hal demikian disebabkan karena persaingan antar peserta didik sangat rendah, sehingga keinginan peserta didik untuk belajar juga rendah. Adapun faktor terbesar kedua dan seterusnya yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik adalah intelegensi (83,33%), keluarga (77,88%), waktu (66,68%). Untuk faktor guru, sarana dan prasarana, serta teman memiliki persentase yang sama yaitu 52,78% dan faktor minat memiliki persentase 38,88%. Kata kunci : peserta didik, kesulitan belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Social Education Sciences provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be examined empirically. This journal discusses research in social education, including learning, teaching, curriculum development, ...