Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

Model Tipe TTW Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Islam Kebumen

Muhammad Edwansyah Rissal (Unknown)
Sumadi Sumadi (Unknown)
Sugeng Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

This study aims to improve the activities and geography learning outcomes of twelfth grade social students of Kebumen Islamic High School through the implementation of the cooperative learning model think talk write type. The method used is classroom action research. The research subjects were students twelfth grade Kebumen Islamic High School Tanggamus Regency. The object of the research is the cooperative learning model think talk write type to increase the activities and the student learning outcomes. The results showed that the cooperative learning model think talk write type can increase activity and learning outcomes social students of Kebumen Islamic High School Tanggamus Regency, it is recommended for teacher of geography to make variations of learning by applying the type of cooperative learning model think talk write in the classroom.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS 1 SMA Islam Kebumen melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII IPS 1 SMA Islam Kebumen Kabupaten Tanggamus. Objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe think talk write untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar XII IPS 1 SMA Islam Kebumen Kabupaten Tanggamus, maka disarankan kepada guru geografi untuk membuat variasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write di kelas.Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, TTW

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...