Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran magang kognitif (Cognitive apprenticeship) terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kendari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas sebanyak 69 peserta didik, kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran magang kognitif dan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvesional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan análisis uji-t dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep kimia peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dan berbeda secara signifikan dibandingkan dengan penguasaan konsep peserta didik kelas kontrol. Hasil rerata n-gain penguasaan konsep pada kedua berada pada kategori sedang, yaitu kelas eksperimen 0,6630 sedangkan 0,5309 untuk kelas kontrol. Dari hasil penelitian di atas dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik dapat menggunakan model pembelajaran magang kognitif. Bagi peneliti selanjutnya yang perlu perhatikan adalah memaksimalkan pembelajaran sesuai konteks kehidupan siswa pada tahap modeling dan menyiapkan scaffolding yang sesuai dengan tingkat ZPD (Zona Proximal Development) peserta didik.Kata Kunci: pembelajaran cognitive apprenticeship, penguasaan konsep, hidrolisis garam, larutan penyangga
Copyrights © 0000