Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MAGANG KOGNITIF

Sanawing, Hasniar (Unknown)
Mashuni, Mashuni (Unknown)
Fahyuddin, Fahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh penerapan  pembelajaran magang kognitif (Cognitive apprenticeship)  terhadap  penguasaan konsep peserta didik pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kendari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas sebanyak 69 peserta didik, kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran magang kognitif dan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvesional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan análisis uji-t dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep kimia peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dan berbeda secara signifikan dibandingkan dengan penguasaan konsep peserta didik kelas kontrol. Hasil rerata n-gain penguasaan konsep pada  kedua berada pada kategori sedang, yaitu kelas eksperimen 0,6630 sedangkan 0,5309 untuk kelas kontrol. Dari hasil penelitian di atas dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik dapat menggunakan model pembelajaran magang kognitif. Bagi peneliti selanjutnya yang perlu perhatikan adalah memaksimalkan pembelajaran sesuai konteks kehidupan siswa pada tahap modeling dan menyiapkan scaffolding yang sesuai dengan tingkat ZPD (Zona Proximal Development)  peserta didik.Kata Kunci: pembelajaran cognitive apprenticeship, penguasaan konsep, hidrolisis garam, larutan penyangga

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...