Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepraktisan penerapan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan peta konsep dalam kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA-5 SMA Negeri 2 Kendari yang dilakukan secara purposive sampling. Jenis data dalam penelitian adalah data primer, yang merupakan hasil pengumpulan secara langsung sesuai obyek penelitian dengan mengumpulkan data tentang unsur kepraktisan terdiri keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon guru terhadap pembelajaran yang telah dikembangkan dan divalidasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata total kualitas keterlaksanaan pembelajaran sebesar 1,68 dengan kategori terlaksana seluruhnya, nilai rata-rata total kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,96 dengan kategori baik dan nilai rata-rata total respon guru terhadap pembelajaran sebesar 3,93 dengan kategori praktis dan tidak revisi. Ketiga instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. Kata Kunci: kepraktisan, peta konsep, berpikir kritis
Copyrights © 0000