Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis perbedaan kemampuan berpikir logis berdasarkan jenis kelamin pada peserta didik SMPN di Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian survei eksploratif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 13.137 peserta didik SMPN di Kabupaten Konawe Selatan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik proportional random sampling yaitu yaitu semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel sesuai dengan proporsinya. Data penelitian diperoleh melalui kusioner penelitian yang dibuat di google form berupa tes kemampuan berpikir logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik yang memiliki kategori berpikir logis penalaran konkrit dengan persentase sebesar 73%, penalaran transisi dengan persentase sebesar 24% dan penalaran formal dengan persentase sebesar 3% dan 2) tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir logis berdasarkan jenis kelamin. Kata Kunci: kemampuan berpikir logis , jenis kelamin
Copyrights © 0000