Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan  hasil pengembangan LMS berbasis Google classroom dalam pembelajaran, serta Mengetahui apakah pembelajaran menggunakan hasil pengembangan LMS berbasis Google classroom dapat meningkatkan minat belajar IPA. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4 D (Define :  pendefinisian, Design : perancangan, Develop : pengembangan, Disseminate : penyebarluasan) dalam penelitian ini tidak dilakukan sampai penyebar luasan hanya dilakukan uji didalam kelas sebanyak 28 orang. Data pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data interval yang menurut sumbernya merupakan data primer dan data sekunder. Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan  angket yaitu untuk respon siswa, respon guru, lembar validasi dan minat belajar IPA siswa; dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) dari validasi ahli, pengembangan LMS berbasis Google classroom oleh validator dinilai layak digunakan dalam pembelajaran dengan nilai 0,82 yang termasuk dalam kategori tinggi, 2) pengembangan LMS berbasis Google classroom berdasarkan respon siswa dan guru dinilai praktis untuk digunakan dalam pembelajaran, dengan nilai respon siswa sebesar 88,10% dan nilai respon guru sebesar 87,50%, yang termasuk kategori sangat baik, 3) hasil uji N-gain minat belajar IPA yaitu sebesar 60% dengan kategori sedang yang artinya LMS berbasis Google classroom dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa.Kata Kunci: media, google classroom, minat belajar IPA
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000