Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, kepraktisan dan keterbacaan ModelàPraktikum Berbasis Software Most Probable Number (MP-BSMPN) pada Mata Kuliah Mikrobiologi Air. MP-BSMPN dikembangkan dengan prosedur pengembangan model Borg dan Gall. Produk yang dikembangkan adalah model praktikum yang pelaksanaannya menerapkan perangkat pembelajaran MP-BSMPN yang dikemas dalamà3 tahapan pelaksanaanàyaitu: 1) Tahap Persiapan Praktikum, 2) Tahap Pelaksanaan Praktikum dan 3) Tahap Akhir Praktikum atau Tindak Lanjut Praktikum. àHasil uji ahli menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran MP-BSMPN berkisar àantara layak sampai sangat layak (3,25 ââ¬â 3,85). Tujuh perangkat mendapatkan nilai sangat layak,à2 perangkat bernilai layak. Perangkat MP-BSMPN yang mendapat nilai validasi ahli sangat layak adalah àRencana Pembelajaran Semester, Panduan Praktikum Mahasiswa dan Lembar Hasil Kerja Mahasiswa (PPM-LHKM), Instrumen Keterampilan Proses Sains dan Instrumen Penguasaan Konsep sedangkan Bahan Ajar Praktikum dan Media Pembelajaran AnimasiàMPN bernilai layak. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa nilai tanggapan mahasiswa sebesar 77 % dan pengajar 88 % àadalah praktis dan terbaca. Instrumen keterampilan proses sains dan penguasaan konsep terbukti valid dan reliabel (keterampilan proses sain r = 0,889; penguasaan konsep r = 0,91) dengan keterlaksanaan pembelajaran pada kategori terlaksana dengan sangat baik (92 %). Kesimpulan hasil penelitian adalah MP-BSMPN yang dikembangkan memiliki karakteristik perangkat pembelajaran yang sangat layak, praktis danàterbaca, terlaksana dengan sangat baik, valid dan reliabel sertaàdapat diterapkan dengan praktis sebagai model praktikum dalam pemeriksaan MPN Coliform dan Colitinja pada mata kuliah Mikrobiologi Air.
Copyrights © 2017