Jurnal Pijar MIPA
Vol. 14 No. 2 (2019): Juni

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Preparing Dong Concluding

Zulkarnain Zulkarnain (Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram Indonesia)
Yayuk Andayani (Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis Peserta Didik pada  pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran preparing dong concluding (PDC). Subjek dalam penelitian ini adalah 68 siswa kelas XI di SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Tes yang terdiri dari 5 masalah digunakan untuk mengumpulkan data eksperimental. Indikator pemikiran kritis yang dipelajari terdiri dari 5 indikator: interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PDC mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama pada indikator interpretasi dengan n-gain 0,71 pada kategori tinggi. Indikator selanjutnya evaluasi masuk dan indikator analisis dengan n-gain berturut turut 0,63 dan 0,62 dikategorikan sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...