Jurnal Pijar MIPA
Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021

Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Brain Gym Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik

Kadek Essy Novalianti (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas FKIP Universitas Mataram)
Susilawati Susilawati (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas FKIP Universitas Mataram)
Jannatin ‘Ardhuha (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym  dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model brain based learning berbantuan brain gym sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diambil menggunakan tes essay untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan angket untuk mengetahui motivasi belajar fisika peserta didik. Hasil tes akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 61,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol 52,4. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anava dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; terdapat pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; serta tidak terdapat interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...