Jurnal Pijar MIPA
Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021

Pengembangan Instrumen Tes Model Ideation-Explanation Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah

Ahmad Busyairi (Universitas Mataram)
Parlindungan Sinaga (Program Studi Pendidikan Fisika FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2021

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif khusunya kreatif dalam konteks pemecahan masalah sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 ini. Oleh karena itu, setiap individu hendaknya tidak hanya dibekali dengan kemampuan pemecahan masalah semata melainkan juga harus dilatihkan kemampuan berpikir kreatif agar nantinya mereka dapat menyelesaiakan permasalahan dengan cara-cara yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dalam konteks pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D. Pengembangan model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu; pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Instrumen tes yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk Ideation-Explanation (I-E model). Adapun jumlah item soal(permasalahan terbuka) terdiri atas 5 (lima) permasalahanyang masing-masing permasalahan diikuti oleh 2 (dua) buah pertanyaan.Hasil analisis data memperlihatkan bahwa semua item soal valid dengan reliabilitas 0,79 dalam kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa instrumentesyang sudah dikembangkan layak untuk digunakan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...