Jurnal Pijar MIPA
Vol. 15 No. 3 (2020): Juni

Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains

I Wayan Merta (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram)
I Putu Artayasa (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram)
Kusmiyati Kusmiyati (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram)
Nur Lestari (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram)
Dadi Setiadi (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui  profil kemampuan Literasi Sains dan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN di  Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitaif.  Tempat pelaksanaan di SMPN di Kota Mataram.  Populasi penelitian semua peserta didik    SMP  di Kota Mataram tahun ajaran 2018/2019. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah purposif sampling dengan alasan keterbatasan waktu pelaksanaan penelitian. Jumlah sekolah yang digunakan sebagai sampel sejumlah 6 sekolah.. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data kualitatif; Mengeksplor arti umum data; interpretasi penemuan; validasi penemuan. Pengumpulan data kuantitatif  melalui pos tes dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data berupa angka atau skor hasil pos tes kemampuan literasi sains dengan uji manova menggunakan program SPSS versi 18. Hasil menunjukan capaian kemampuan literasi sains sisa pada kategori sangat tinggi memiliki persentase sebesar 0,0%, kategori tinggi sebesar 3,6%, kategori sedang sebesar 48,2%, kategori rendah sebesar 13,4%, dan kategori sangat rendah sebesar 34,8%. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan literasi sains peserta didik di SMP Mataram. Kemampuan literasi sains peserta didik SMP termasuk rendah dan penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampaun literasi sains.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...