Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 1, No 1 (2018): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI SISWA KAM TINGGI DENGAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL)

Desrina Hardianti (Universitas Muhammadiyah Lampung, FKIP, Program Studi Pendidikan Matematika)
B A Priatna (Pendidikan Matematika, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)
N Priatna (Pendidikan Matematika, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir geometri siswa KAM tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 63 siswa di salah satu SMP di kota Bandung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan tes. Sebelum dilakukan uji hhipotesis, data terlebih dahulu dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dilakukan uji prasyarat, selanjutny dilakukan uji hiipotesis dengan uji perbedaan. Hasil penelitian dan uji hipotesis menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir geometri siswa KAM tinggi yang memperoleh pembelajaran dengan model POGIL lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari jawaban-jawaban siswa dan peningkatan level berpikir siswa. Sebanyak 74% siswa dengan KAM tinggi meningkat level berpikirnya dari level 1 ke level 2 dan 25% siswa tetap berada pada level 1. Oleh karena itu model POGIL dapat digunakan dalam pembelajaran geometri, serta bagi peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis sebaiknya juga menganalisis kemampuan berpikir geometri siswa dengan KAM sedang dan rendah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...