Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, analisis data menggunakan rumus statistik. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Taruna Jaya Jati Agung Lampung Selatan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa, sedangkan sampel yaitu kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui hasil belajar siswa penulis melakukan tes essay. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan hit t = 3,57,untuk uji kesamaan dua rata-rata untuk = 0,05 diperoleh daf t = 2,00, jadi dapat dikatakan bahwa hit t > daf t hal menunjukan bahwa “ada pengaruh metode mengajar bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII semester genap SMP Taruna Jaya Jati Agung Lampung Selatan dan pada uji perbedaan dua rata-rata untuk = 0,05 diperoleh daf t = 1,67, diperoleh thit > tdaf, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: “Ratarata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode mengajar bervariasi lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang tidak diajar dengan menggunakan metode mengajar bervariasi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode menga-jar bervariasi berpengaruh positif atau dapat meningkatkan hasil belajar matematika
Copyrights © 2019