Journal Evaluation in Education (JEE)
Vol 1 No 4 (2020): October

Analisis Sikap Siswa: Kesenagan dalam Belajar IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA

Eko Wijayanto (SMPN 49 Muaro Jambi)
Nur Ika Sandi Pratiwi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA melalui indikator kesenangan dalam belajar IPA, ketertarikan menambah waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir dibidang IPA di SMPN 49 Kabupaten Muaro Jambi. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan digunakan skala likert 5 poin. Penelitian ini melibatkan 23 siswa SMPN 49 Kabupaten Muaro Jambi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Temuan utama: Hasil penelitian pada Indikator kesenangan dalam belajar IPA terkategori cukup dengan presentasi (47,8%), dan ketertarikan menambah waktu belajar IPA berkategori cukup dengan presentasi (95,7%), dan indikator ketertarikan berkarir dibidang IPA berkategori cukup dengan presentasi (43,8%). Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini yaitu pentingnya identifikasi sikap siswa agar guru mampu membuat suatu inovasi terbaru didalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JEE publishes high-quality methodological assessment, evaluation, and study research texts in various educational settings and scientific disciplines with their own specific phenomena, as well as related studies that address issues of concern to education today. JEE discusses scientific research on ...