JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Strategi Konflik Kognitif berbasis Eksperimen untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Konsep Fluida Statis

Sri Rahmadani Pulu (IAIN Ambon)
Widia Widia (STKIP Harapan Bima)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika strategi konflik kognitif berbasis eksperimen yang memenuhi kriteria: valid, praktis, dan efektif agar layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik SMA pada materi fluida statis. Desain penelitian menggunakan four-D model yang cobakan pada tiga kelas X MIA dengan peserta didik sebanyak 90 orang di SMA Negeri 08 Maluku Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian menggunakan one group pretest–posttest design. Data yang dikumpulkan berupa data validasi perangkat pembelajaran, data kepraktisan perangkat pembelajaran, dan data keefektifan perangkat pembelajaran. Analisis data yang digunakan: 1) Analisis deskriptif kualitatif meliputi: Ketuntasan indikator, hasil belajar, penurunan miskonsepsi. 2) Analisis CRI meliputi: Intensitas miskonsepsi dan penurunan potensi miskonsepsi. Maka didapatkan data hasil penelitian sebagai berikut: 1) Validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan kategori valid; 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori baik; 3) Keefektifan perangkat pembelajaran: (a) Ketuntasan klasikal mencapai 100%; (b) Hasil penurunan miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik kelas XMIA-1 64,33%, kelas XMIA-2 42,33%, kelas XMIA-3 32,50%; Penurunan miskonsepsi oleh rata-rata mencapai 63,53%; Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika strategi konflik kognitif berbasis eksperimen yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan sehingga layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik SMA pada materi fluida statis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...