Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 3, No 1 (2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANALYZE, DESIGN, DEVELOP, IMPLEMENT, EVALUATE (ADDIE) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

., KOMANG TRISNA DEWI (Unknown)
., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd (Unknown)
., Dr. Ni Made Pujani,M.Si (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan: (1) keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran ADDIE dan konvensional (MPK), (2) keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran ADDIE dan MPK, dan (3) pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran ADDIE dan MPK. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post-test only control group design. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan pilihan ganda diperluas. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA satu jalur. Hasil penelitian terdapat: (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model ADDIE dan MPK (F=30,294; p

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...