Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2022)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN KALKULUS DASAR SECARA DARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE PADA MASSA PANDEMI COVID 19

Lin Suciani Astuti (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Di masa pandemic covid-19 ini yang sudah terjadi kurun waktu 2 tahun lamanya di Negara Indonesia ini membuat proses pembelajaran dikalangan perguruan tinggi khususnya di Universitas Indraprasta PGRI masih dilakukan dalam jaringan (daring). peneltian survey tentang pembelajaran daring ini khususnya pada mata kuliah kalkulus dasar bertujuan agar memperoleh hasil tanggapan atau persepsi mahasiswa selama pembelajaran daring pada mata kuliah kalkulus dasar, terutama ingin melihat persentase media online yangg digunakan pada pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode survey melalui pendekatan deskriptif yang memiliki tujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini yaitu kebanyakan mahasiswa yaitu sekitar 75,4% lebih menyukai pembelajaran secara daring di dibandingkan pembelajaran luring.  Pada media online yang paling diminati mahasiswa saat pembelajaran daring yaitu Google Classroom (72,3%), google meet (52,3%), whatsaap grup(46,9%), Zoom (29,2%) dan youtube (14,6%). Kemudian jika dilihat dari perasaan mahasiswa menunjukkan eksplorasi yang menyenangkan dan semangat mengikuti perkuliahan kalkulus dasar di semester ganjil ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...