Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah

Mohammad Aristo Sadewa (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganlisis kurikulum baru yaitu kurikulum prototipe yang akan digunakan oleh semua instansi pendidikan seluruh Indonesia. Kurikulum ini merupakan transformasi dari kurikulum-kurikulum yang pernah berkembang di Indonesia. Tolak ukur yang digunakan untuk menilai dan meninjau kurikulum prototipe ialah dengan menggunakan pendekatan intergrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah kurikulum prototipe merupakan solusi dari pemulihan pembelajaran yang terjadi akibat pandemic Covid-19? Apakah kurikuklum prototipe hanyalah kurikulum baru yang konten, isi, tujuan, dan visinya sama dengan kurikulum sebelumnya? Dengan menggunakan pendekatan integrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah merupakan sebuah pendekatan baru dalam membantu memecahkan persoalan yang sedang terjadi di masyarakat melalui integrasi keilmuan. Artinya hubungan antara disiplin ilmu yang satu dengan yang lainnya mengalami keterkaitan bukan malah saling bermusuhan satu sama lain. Apakah kurikulum prototipe adalah jawaban yang tepat bagi peserta didik untuk membantu dalam meraih cita-citanya, menjadi penerus bangsa, dan memecehkan persoalan yang semakin kompleks? Metode penelitian yang digunakan ialah dengan metode kepustakaan atau library research sifatnya kualitatif deskriptif dengan pendekatan integrase-interkoneksi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kurikulum prototipe merupakan kurikulum baru yang sangat tepat untuk diberlakukan di tengah perkembangan zaman yang begitu kompleks.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...