Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penggunaan media PhET dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi siswa. Media PhET merupakan media bantu (assisted media) untuk meminimalisir kesalahpahaman siswa dan juga melatih analisa siswa dalam memecahkan persoalan. Di samping itu juga untuk membangun dan membiasakan tingkat kritis siswa untuk mendukung literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengamati proses pembelajaran siswa, hasil belajar, dan studi literatur terkait dengan hasil penelitian sebelumnya. Harapan dari penelitian adalah peningkatan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran terkait dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media PhET dan setelah menggunakan media PhET. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan media PhET tingkat berpikir kritis dan literasi sains siswa menunjukkan 42% dan 30% dalam memahami persoalan terkait dengan perubahan energi, sedangkan tingkat berpikir kritis dan literasi sains siswa setelah menggunakan media PhET menunjukkan 74% dan 70%.
Copyrights © 2022