Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penggunaan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Materi Energi dan Perubahannya

Abdul Munif (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gresik)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati penggunaan media PhET dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi siswa. Media PhET merupakan media bantu (assisted media) untuk meminimalisir kesalahpahaman siswa dan juga melatih analisa siswa dalam memecahkan persoalan. Di samping itu juga untuk membangun dan membiasakan tingkat kritis siswa untuk mendukung literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengamati proses pembelajaran siswa, hasil belajar, dan studi literatur terkait dengan hasil penelitian sebelumnya. Harapan dari penelitian adalah peningkatan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran terkait dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media PhET dan setelah menggunakan media PhET. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penggunaan media PhET tingkat berpikir kritis dan literasi sains siswa menunjukkan 42% dan 30% dalam memahami persoalan terkait dengan perubahan energi, sedangkan tingkat berpikir kritis dan literasi sains siswa setelah menggunakan media PhET menunjukkan 74% dan 70%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...