Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Integrasi Teknologi Pada Siswa Kelas IV SDN 124/VIII Sidorejo

Widya Kurnia Putri (Universitas Jambi)
Muhammad Sofwan (Universitas Jambi)
Silvina Noviyanti (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Peran guru sangat penting didalam dunia pendidikan. Salah satu peran penting guru adalah sebagai motivator untuk siswanya. Untuk meningkatkan motivasi siswa guru harus menyediakan model pembelajaran yang menarik salah satunya adalah Problem Based Learning. Penelitian ini mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa menggunakan model problem based learning dengan integrasi teknologi pada siswa kelas IV . Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamatan siswa yang dilakukanpada tiap proses pembelajarandengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan integrasi teknologi. Dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas IV SDN 124/ VIII Sidorejo. Terbukti dari siklus I motivasi belajar siswa 69,78% meningkat pada siklus II menjadi 76%. Dalam hal ini disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dengan integrasi teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 124/ VIII Sidorejo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...