Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pemanfaatan Fitur Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Nadia Rizkianti (Universitas Riau, Pekanbaru, Riau)
Dea Mustika (Universitas Riau, Pekanbaru, Riau)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan fitur google classroom sebagai platform pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif jenis study kasus. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah pemanfaatan fitur google classroom sebagai platform pembelajaran di sekolah dasar berfokus kepada 4 fitur, 4 fitur pada google cassroom yang dimanfaatkan yaitu fitur assigment (penugasan), fitur grading (penilaian), fitur communication (komunikasi), fitur archive course (arsip program). Hanya saja dari pemanfaatan 4 fitur terdapat salah satu fitur yang jarang dimanfaatkan oleh guru yaitu fitur archive course (arsip program).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...