Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami oleh orang pada era pandemi yang memiliki anak berkebutuhan khusus tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara semi terstruktur kepada orang tua dan peserta didik tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa problematika orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus sangat beragam. Masalah yang dirasakan oleh orang tua pada saat pembelajaran jarah jauh, dalam membentuk kemandirian anak, mendorong kepercayaan diri dari anak. Peran orang tua dalam mendidik anak berkebutuhan khusus tunanetra dapat di pengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung seperti: orang tua, guru, orang-orang terdekat, penghargaan dari sekolah dan faktor penghambat seperti malas belajar dan rasa malu.
Copyrights © 2022