Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 9 No 1 (2022)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

Kade Adisaka (Universitas Terbuka)
I Gede Margunayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Gunartha (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pebelajaran kolaboratif terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Melaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 185 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 72 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data minat belajar dikumpulkan dengan lembar kuesioner, sedangkan data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan program SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa secara simultan, antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan harga Fhitung memiliki nilai signifikansi (sig) = 0,000 kurang dari (p < 0,05). (2) Terdapat pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap minat belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan harga Fhitung sebesar 52,931 dengan signifikansi (sig) = 0,000 kurang dari (p < 0,05). (3) Terdapat pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar matematika siswa antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan Harga Fhitung sebesar 53,019 dengan signifikansi (sig) = 0,000 kurang dari (p < 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Melaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...