Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2021 - Mei 2022)

PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KESEJAHTERAAN GURU, SERTA PENGARUH KETIGANYA TERHADAP KINERJA GURU (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR REVIEW ILMU MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN KEUANGAN)

Muhamad Sidi Nawawi (Mahasiswa Program Magister Manajemen, Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Artikel literature review ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kebijakan pemberian sertifikasi guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terhadap kompetensi, kesejahteraan dan motivasi guru, serta pengaruh ketiga variabel terhadap kinerja guru. Sertifikasi guru memberikan konsekuensi hak untuk dapat diberikan Tunjangan Profesi Guru (TPG), atau sering disebut juga Tunjangan Sertifikasi guru merupakan tunjangan yang diberikan kepada guru dan dosen yang sudah memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan sudah mengikuti sertifikasi guru dan atas profesionalitasnya. Sertifikasi guru dimulai pada tahun 2007 dengan dasar hukum Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Sertifikat pendidik dapat diperoleh melalui mekanisme: 1). Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung (PSPL), 2). Portofolio (PF), 3). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), atau 4). Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sertifikasi guru idealnya harus berpengaruh atau berdampak terhadap kinerja dan kompetensi guru. Hasil artikel literatur review ini mengungkapkan bahwa: 1) Sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi guru; 2) Sertifikasi guru berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi guru; 3) Sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan guru; 4) Sertifikasi, kompetensi, motivasi dan kesejahteraan guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...