Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kelompok Rujukan Terhadap Keputusan Pembelian Skincare. Penelitian ini bertujuan: Untuk menganalisis pengaruh kelompok persahabatan terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z.; Untuk menganalisis pengaruh kelompok belanja terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z; Untuk menganalisis pengaruh kelompok kerja terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z; Untuk menganalisis pengaruh kelompok masyarakat maya terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh lingkungan generasi Z. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling incidental. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Data diperoleh melalui kusioner/angket online. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan model analisis Regresi Berganda, uji t, uji F, Uji R2. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa; Kelompok persahabatan (X1) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 1,603 < t-tabel 1,660; Kelompok belanja (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 0,054 < t-tabel 1,660; Kelompok kerja (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 5,193 > t-tabel 1,660; Kelompok masyarakat maya (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 3,358 > t-tabel 1,660; kelompok persahabatan, kelompok belanja, kelompok kerja, dan kelompok masyarakat maya berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian skincare sebesar 49,3% sisanya 50,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari model regresi ini..
Copyrights © 2020