Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 3 NOMOR 1, MARET 2022

Manajemen Pembelajaran Integralistik

Muhammad Rizal (Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Pembelajaran Integralistik di SDN Kompleks Ikip I Makassar. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui gambaran pembelajaran integralistik dengan unsur-unsur pokok yang sesuai dengan butir-butir rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil penilitian ini menunjukkan: (1) gambaran perencanaan pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yang dilakukan oleh guru meliputi; pengembangan prorgram, penyusunan persiapan mengajar, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan prioritas materi yang akan diajarkan, pemilihan metode pembelajaran, pemilihan sumber belajar, pemilihan media pembelajaran; (2) gambaran pelaksanaan pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yakni guru menyajikan urutan pembelajaran secara tepat, memilih bentuk kegiatan pembelajaran yang tepat; (3) gambaran evaluasi pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yakni guru memilih dan menyusun jenis evaluasi, melaksanakan kegiatan evaluasi sepanjang proses, mengadministrasikan hasil evaluasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...