Perkembangan zaman modern memberikan tantangan besar bagikurikulum pesantren klasik. Merespon hal tersebut, tujuan penelitian iniuntuk mengetahui upaya pengembangan kurikulum Pondok PesantrenThoriqul Huda dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian inidilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategistudi kasus dan data dianalisis data diinterpretasikan secara deskriptif.Lokasi penelitian di pondok pesantren Thoriqul Huda Cekok BabadanPonorogo. Informasi sebagai sumber data meliputi pengasuh, pengurus,asatidz, guru dan santri.. Hasil temuan data bahwa Pondok PesantrenThoriqul Huda memiliki dua kurikulum yaitu kurikulum formal dan nonformal (kepesantrenan). Kurikulum bersifat kombinatif dan integral yangartinya kegiatan-kegiatan yang dilakukan saling mendukung dan masihdalam satu rangkaian. Upaya yang dilakukan untuk mengembangkankurikulum adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan danpengawasaan. Tujuan dari peningkatan mutu kurikulum kombinatifadalah meningkatkan implikasi pengetahuan akademik dan sosial(kemasyarakatan) bagi para santri.
Copyrights © 2022