Prestasi yang tinggi sangatlah penting bagi individu dalam proses pendidikan. Salah satufaktor negatif yang mempengaruhi prestasi yaitu kejenuhan belajar. Menurut teoriSchaufeli, dkk menjelaskan bahwa kejenuhan belajar yang terjadi di kalangan siswamerujuk pada rasa lelah secara emosional yang disebabkan oleh tuntutan belajar yangtinggi. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk mencari perbedaan KejenuhanBelajar Antar Siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Metodekuantitatif menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif, dengan populasi berjumlah334 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik proportionated random samplingdengan jumlah 172 siswa. Instrumen dan metode yang digunakan adalah angket,wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisAnnova. Metode pendukung menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif denganinstrumen dan metode yang digunakan adalah wawancara kepada 8 orang informan danpenyebaran angket terbuka terhadap 25 orang informan. Teknik analisis data yangdigunakan adalah reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Untuk variabel kejenuhan belajar. Dengan mengacu pada analisis statistik Anovadiperoleh skor skor Fhitung sebesar 8,370 dan Ftabel = F(0,05;3;168) = 2,658399, makakesimpulannya adalah adalah Tolak H0 karena Fhitung ≥ Ftabel . Hal ini berartiTerdapat perbedaan signifikan kejenuhan belajar antara siswa. Dan hasil tersebutdiperkuat oleh sig. sebesar 0,000 (<) dari alpha (0,05). Faktor yang mempengaruhikejenuhan belajar yaitu sebagai berikut: a. Internal: Persepsi siswa terhadap matapelajaran, Persepsi siswa terhadap guru, Motivasi siswa kurang, Kurang istirahat dankurang gizi, Kelelahan, Ada masalah diluar sekolah. b. Eksternal: Metode yangdigunakan guru terlalu monoton, Cara mengajar guru terlalu membosankan, Jadwalpelajaran yang terdapat di akhir. Cara mengatasi kejenuhan belajar yaitu sebagai berikut:Melakukan inovasi dalam pembelajaran, Diberi hukuman langsung, Menggunakanmetode yang menarik minat siswa, Menggunakan media ajar yang menarik minat siswa,Memberi teguran, nasehat dan perhatian.
Copyrights © 2022