JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELEJARAN IPA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PROGRESIVISME

Sumini (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ali Maksum Fuadi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endang Fauziati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Karya ilmiah ini memiliki tujuan untuk menjabarkan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada aktifitas pembelajaran IPA kelas V di salah satu SD di Ampel Boyolali. Karya ilmiah ini berjenis kualitatif untuk secara sistematis dan logis menggambarkan fenomena implementasi model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPA ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Penelitian dilaksanakan di salah satu SD di Ampel Boyolali. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, studi dokumen, dan focussed group discussion. Kemudian analisis data dilakukan dengan tahapan data reduksi, display data, drawing conclusion dan verifikasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa: 1) perencanaan meliputi penyusunan prota, promes, silabus, Kriteria Ketuntasan Minimal, lesson plan, dan penyiapan bahan ajar, 2) pelaksanaan pembelajaran dengan model jigsaw dilaksanakan dengan cara membagi kelas menjadi kelompok dengan topik permasalahan yang sama, menggali informasi dan memperdalam materi dengan buku sumber, berdiskusi dalam kelompok ahli, berdiskusi dengan kelompok asal tentang seluruh topik permasalahan, dan guru memberikan feedback, kesimpulan dan penilaian, dan 3) penilaian pembelajaran dengan tes dilakukan dengan tertulis dan lisan. Penilaian non tes dilaksanakan dengan observasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung, yaitu keaktifan siswa dan sikap siswa selama berdiskusi. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dan siswa semakin aktif. Hal ini sesuai dengan perspektif progresivisme bahwa pembelajaran di kelas harus menghasilkan perubahan diri siswa menjadi pribadi tangguh, mampu mengatasi persoalan dan beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...