Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share berbantuAplikasi Geogebra terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A, VII B dan VII C SMP N 20 Semarang.Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Menurut hasil penelitian analisis data akhir untuk uji anava diperoleh Fhitung Ftabelyaitu 3,25 3,10 artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dari 3 sampel. Untuk uji t pihak kanan pada eksperimen 1 diperoleh thitung ttabel yaitu 2,297 1,67 dan pada eksperimen 2 diperoleh thitung ttabel yaitu 2,130 1,67 yang artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 lebih baik dari kelas kontrol, sedangkan uji t dua pihak didapat -1,99 -0,325 1,99 artinya tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Untuk ketuntasan belajar diperoleh hasil belajar siswa kelas Numbered Head Together dan Think Pair Share berbantu aplikasi Geogebra tuntas secara individual dan klasikal. Untuk keaktifan berpengaruh positifterhadap penalaran matematika siswa pada kelas Numbered Head Together dan Think Pair Share berbantu aplikasi Geogebrasebesar 28,4 % dan 24,2 %. Persentase hasil belajar siswa seluruh indikator sangat tinggi didapat 87,5% kelas Numbered Head Togetherdan 83,871% kelas Think Pair Share. Sehingga model pembelajaran TPS dan Problem Solving efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2022