Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Model TAPPS dan NHT Berbantuan Tournament-Question Cards Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Qodriyah, Vivit Lailatul (Unknown)
Prasetyowati, Dina (Unknown)
Sugiyanti, Sugiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TAPPS dan NHT berbatuan Tournament-Questin Cards terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 3 Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel dipilih secara acak dimana dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pemberian tes, dan dokumentasi. Instrumen berupa lembar observasi keaktifan siswa dan Post-test kemampuan pemecahan masalah matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Post test Only Control Design. Berdasarkan hasil perhitungan uji anava, uji scheffe’ dan uji regresi linier sederhana, data menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards, model pembelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards. 2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran konvensional. 3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran konvensional. 4) tidak ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards dengan model pembelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards. 5) Ada pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pemebelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards dengan model pembelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...