EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Peran Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa SMA

Charlis Sangap Martahan Hutajulu (Pasca Sarjana, Magister Ilmu Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)
Sherly Sherly (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung)
Herman Herman (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TikTok terhadap minat belajar siswa kelas 12 SMA Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, termasuk data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas X yaitu siswa kelas 12 yang menggunakan aplikasi “TikTok” dan variabel terikat Y yaitu Siswa SMA Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar Pematangsiantar. Pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi regresi linier sederhana dengan aplikasi komputer SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil analisis korelasi dan regresi sederhana linier sederhana, variabel siswa kelas 12 yang menggunakan aplikasi “TikTok” memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,635 terhadap variabel Tumbuh Minat Belajar karena nilai korelasi dalam penelitian ini adalah dalam interval koefisien antara 0,660 dan 0,799. Berdasarkan temuan penelitian ini, aplikasi “TikTok” memberikan pengaruh sebesar 40,4 persen terhadap minat belajar siswa SMA Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...