EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Interaktif Malang 3D (Mari Berpetualang Tiga Dimensi) Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa

Aini Rizqoh (SD Negeri 2 Girimoyo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran berbasis proyek menggunakan media interaktif MALANG 3D (Mari Berpetualang) Sistem Tata Surya pada Siswa Kelas VI di SDN 2 Girimoyo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI di SDN 2 Girimoyo sebanyak 23 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 7 siswa dan siswa perempuan sebanyak 16 siswa. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran berbasis proyek menggunakan media interaktif MALANG 3D (Mari Berpetualang) Sistem Tata Surya pada Siswa Kelas VI di SDN 2 Girimoyo.Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan sikap ilmiah siswa pada keadaan awal siswa sebanyak 26,09%, pada siklus I sebesar 78,26%, dan pada siklus II sebesar 100,00%.Setelah dilakukan perbaikan  pada siklus II diperoleh capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 65,45; Capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus II memiliki nilai rata-rata sebesar 78,18; dan capaian nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II memiliki nilai rata-rata sebesar 88,63

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...