EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022)

Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar

Jonathan Leobisa (Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia)
Maljems Gustaf Namah (Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Tujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa (2) Untuk menganalisis disiplin dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. (3) Untuk meningkatkan disiplin dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Maka hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah guru juga perlu meningkatkan motivasi terhadap siswa dengan berbagai metode dan dalam segala situasi maupun kondisi demi meningkatnya prestasi siswa. Dengan kata lain disiplin dan motivasi harus terus ditingkatkan oleh para guru sehingga dapat memberikan pengaruh yang terus meningkat terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...