EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pembelajaran Daring Membaca Alquran di Masa Pandemi Covid 19

Lilis Karyawati (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Muhamad Taufik Bintang Kejora (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan yang wajib diajarkan dan wajib dikuasai setiap siswa muslim di madrasah meskipun dalam kondisi pandemic covid-19 dengan situasi belajar dari rumah. Tujuan penelitian ini  adalah menjelaskan secara objektif kondisi guru dan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an secara daring. Metode survey kuantitatif diterapkan dalam proses penelitian. Penelitian melibatkan 181 siswa Madrasah Tsanawiyah MAI Purwakarta dan 15 guru pembiasaan membaca Al-Qur’an. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kendati beberapa kendala dihadapi guru dan siswa seperti adanya keterpaksaan pada masa awal pembelajaran, munculnya kejenuhan dan kelelahan, interaksi dan komunikasi yang sulit. Bagi sebagian beser guru aktivitas mengajar dengan metode daring membuat mereka menjadi overwork, kecemasan dan  stress.  Namun secara umum kondisi pembelajaran daring tidak memberi dampak negatif bagi perkembangan keterampilan membaac Al-Qur’an pada siswa. Ini menggambarkan bahwa pembelajaran secara daring efektif membantu siswa dan guru mencapai tujuan pembelajaran. Kualitas pengalaman belajar, interaksi, motivasi, dan kenyamanan belajar pun meningkat. Selain itu, guru dan siswa bahkan memilih untuk merekomendasikan pembelajaran Al-qur’an secara online. Namun hal yang perlu disikapi lebih lanjut adalah guru harus mampu meningkatkan skill dan kompetensinya serta mengadopsi sebuah pembelajaran terintegrasi yang memungkinkan siswa memanfaatkan perangkat mandiri untuk mendalami teknik membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...