Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan financialliteracy pada anggota Credit Union Keling Kumang Branch Office Kelam. dengan ruang lingkupyaitu 1) pendidikan dan 2) pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembanganfinancial literacy dilakukan dengan dua model pengembangan yakni dengan melalui pendidikan danpelatihan. Pendidikan dan pelatihan dilaksanakan dalam waktu 2 bulan dengan menggunakan 4 moduldan 12 kali pertemuan. Pendidikan dan pelatihan financial literacy dilakukan oleh fasilitator-fasilitatoryang sudah berpengalaman dan tersertifikat. Anggota yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihanoleh CU Keling Kumang Branch Office Kelam mendapat manfaat yang salah satunya mereka menjadilebih cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkanbahwa strategi pengembangan financial literacy melalui penidikan dan pelatihan yang dilakukan olehCU Keling Kumang Branch Office Kelam sudah cukup baik, namun perlu adanya peningkatan saranadan prasarana agar target atau tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan dapat tercapai.
Copyrights © 2022