Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

Arif Kurniawan (Universitas Negeri Padang)
Faisal Ashar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Abstrak - SMK Negeri 1 Sumatera Barat memiliki tantangan tersendiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mempertahankan eksistensinya. Dimana persaingan SMK Negeri 1 Sumatera Barat bukan saja dengan sekolah negeri tetapi juga swasta. Maka dari itu SMK Negeri 1 Sumatera Barat harus kreatif dalam menarik minat pelanggan jasa pendidikan, pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan jasa pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan para pesaingnya dan memilih strategi pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran jasa di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan 3 indikator: 1) Brand Image, 2) Promosi, 3) Distribusi. Berdasarkan hasil strategi pemasaran jasa pendidkan SMK N 1 Sumatera Barat pada indikator brand image dengan perolehan rata-rata 78.10%, pada indikator promosi dengan perolehan rata-rata 75.58%, dan pada indikator distribusi dengan perolehan rata-rata 74.73%. ketiga indikator untuk mengukur bangaimana tingkat strategi pemasaran jasa pendidikan SMKN 1 Sumatera Barat tergolong cukup baik, serta dari ketiga indikator tersebut perbedaan hasil rata-ratanya tidak jauh signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...