Penelitian ini bertujuan unttuk menghasilkan produk media pembelajaran video animasi 3D yang valid dan praktis pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas gedung. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model 4D terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk validator ahli materi, validator ahli media, dan siswa. Berdasarkan penilaian produk media pembelajaran video animasi 3D pada mata pelajaran KUG oleh validator materi 1 rata-rata skor adalah 4,4 dengan sangat baik, penilaian validator ahli materi 2 didapatkan skor 4,8 dengan kategori sangat baik. Validator ahli media diperoleh skor 4,4 dengan kategori sangat baik. Pada praktikalitas respon siswa dengan nilai 86% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, media yang dihasilkan dinyatakan sangat baik.
Copyrights © 2022