Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Iventarisasi Keanekaragaman Gastropoda Dikawasan Mangrove Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima

Nikman Azmin (STKIP Bima)
Hartati Hartati (STKIP Bima)
Muh. Nasir (STKIP Bima)
Mely Yulianti (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2022

Abstract

Penelitian inventarisasi keanekaragaman gastropoda dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat keanekaragaman gastropoda di kawasan mangrove Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Metode yang digunakan adalah belt transek yang terdiri dari 3 stasiun dengan jarak antara satu stasiun dengan stasiun 460 meter. Dari setiap stasiun diambil 3 transek dan setiap transek terdiri dari 3 plot dengan ukuran 2 mx 2 m. Penempatan jarak antara transek dengan transek berikutnya adalah 10 meter dari garis pantai. Dengan demikian total transek penelitian adalah 27 plot. Pada setiap transek, jumlah spesies gastropoda yang ditemukan dan jumlah individu dihitung. Untuk menghitung tingkat keanekaragaman menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Identifikasi spesies dilakukan dengan menggunakan buku identifikasi. Hasil penelitian di kawasan mangrove Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima dari 27 trensek ditemukan 919 individu gastropoda dengan 9 spesies dari 5 famili yang muncul dari 3 stasiun. Stasiun dengan jumlah gastropoda terbanyak adalah stasiun I = 401 individu gastropoda, disusul stasiun III = 328 individu gastropoda dan individu gastropoda paling sedikit yaitu pada stasiun II 190 individu individu makroalga berasal dari 5 famili yaitu muricidae, littorinidae, potamididae, muricinae dan ellobidae. Pada famili muricidae terdapat 1 jenis, littorinidae terdapat 2 jenis, potamididae terdapat 4 jenis, ellobidae terdapat 1 jenis dan muricinae terdapat 1 jenis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...