Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11 No 1 (2022): ORYZA Jurnal Pendidikan Biologi

Penilaian Partisipatif Mahasiswa Terhadap Aspek Biokultur Kuliner Lokal Kantin Melalui Pendekatan Photovoice

Hermina Jemimi (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Gusti Ayu Dewi Setiawati (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Sang Putu Kaler Surata (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Biokultur adalah integrasi antara keanekaragaman hayati dan budaya dengan berbagai ragam bahasa sebagai mediatornya. Karena itu pendekatan biokultur membuka peluang untuk memperluas perspektif tentang biologi yang kontektual dengan budaya dan lingkungan lokal bagi kalangan di luar bidang ilmu biologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penilaian mahasiswa terhadap aspek keanerakagaman biokultur kuliner kantin sekolah melalui pendekatan photovoice. Partisipan penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Manajemen, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Matematika. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain riset partisipatif berbasis komunitas. Intstrumen penelitian meliputi foto kuliner, wawancara semi struktur, dan rekaman dari diskusi kelompok terarah (DKT). Analisis fenomena interpretatif digunakan dalam menganalisis data dan menginterpretasikan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan perspektif mahasiswa tentang biokultur setelah mengikuti dua kali DKT. Jika pada DKT pertama partisipan hanya mampu menunjukkan tema yang hanya terlihat dalam foto, sebaliknya pada DKT kedua mereka memperluas dengan tema yang berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan nyata. Hal tersebut menunjukkan effektivitas photovoice berbasis kuliner lokal dalam meningkatkan perpspektif biokultur bagi mahasiswa di luar bidang ilmu biologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...