Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di Min 2 Muaro Jambi

Muhammad Arsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi tingkat keberhasilan, manfaat dan kendala penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MIN 2 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, studi dokumen, dan wawancara dengan Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, Komite Madrasah, Masyarakat dan Siswa. Dalam memvalidasi data digunakan teknik triangulasi yang berkaitan dengan sumber data dan metode. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan MBS ditinjau dari konteks, masukan, proses dan hasil sangat efektif, karena berdampak pada: peningkatan mutu pendidikan, kesadaran madrasah dan masyarakat, tanggung jawab madrasah kepada panitia, orang tua siswa, masyarakat dan pemerintah serta meningkatkan persaingan yang sehat antar madrasah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...