Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 4, No 1 (2022): Bioeduca : Journal of Biology Education

Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Lailatul Husna (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Indayana Febriani Tanjung (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Eka Khairani Hasibuan (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan berbentuk non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest-posttest dan lembar observasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh strategi Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap aktivitas yang dibuktikan dengan rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori baik. Sedangkan dikelas kontrol rata-rata nilai persentase aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup. Adapun hasil belajar yang diperoleh sebesar 55.95 (pretest) dan 90.00 (posttest) untuk kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar dikelas kontrol yaitu 53.33 (pretest) dan 84.76 (posttest). Untuk hasil uji-t diperoleh bahwa thitung 3.20 sedangkan ttabel 2.09. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dibuktikan bahwa strategi Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...