Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 3 No. 02 (2022): Februari

Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Diskalkulia

Siska Anindya (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Diah Sunarsih (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)
Farhan Saefudin Wahid (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhadi Setiabudi Brebes)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Pada proses pembelajaran terkadang akan menemui kendala seperti kesulitan belajar berhitung. Peserta didik yang mengalami gangguan pada kemampuan berhitung dinamakan diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia dan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menangani kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kesehatan fisik, sikap, minat, dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal meliputi metode mengajar guru, penggunaan media, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Upaya guru dalam menangani kesulitan belajar matematika pada peserta didik diskalkulia yaitu dengan pengajaran perbaikan, perbanyak latihan soal, pemberian bimbingan belajar individu/kelompok, dan kerja sama dengan orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...