JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PERANAN PEMBELAJARAN PPKn DALAM MEMPERKOKOH KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 2 CIANJUR

Grestiani, Gina (Unknown)
Hermawan, Iyep Candra (Unknown)
Sarkosih, Banan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendidikan Karakter merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan untuk menciptakan warga Negara yang baik dan berkarakter. Berkaitan dengan pendidikan karakter penulis melakukan penelitian di SMK PGRI 2 Cianjur dengan judul Peranan Pembelajaran PPKn dalam memperkokoh karakter peserta didik di SMK PGRI 2 Cianjur. Pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan perubahan tingkah laku peserta didik mencapai tujuan dalam mengetahui nilai-nilai, moral, norma, kejujuran dan religius untuk membentuk karakter peserta didik agar kokoh. Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penelitian berupa observasi, angket dan wawancara. Populasi penelitian yaitu siswa XI SMK PGRI 2 Cianjur yang berjumlah 142 yang terdiri dari 5 kelas. Sample penelitian diambil dengan cara random yaitu 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendidikan Karakter sudah dilaksanakan dengan baik, hal tersebut terlihat pada peserta didik yang sudah mampu merubah tingkah lakunya dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu Peranan Pembelajaran PPKn dalam memperkokoh Karakter peserta didik akan mampu memiliki karakter yang baik untuk diterapkan di kelas maupun di luar kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...