ABSTRAK : Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan ber-pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Nextgrow Barbershop di Desa Pan-dean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuanti-tatif dengan pendekatan asosiatf. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a). Terdapat pengaruh secara parsial antara variabel bebas kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) yaitu t hi-tung 5,996 t tabel 1,674 yang berarti signifikan. Kemudian kontribusi yang diberikan yaitu sebesar 41,8% dan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya. Kesimpulan yang dihasilkan adalah terdapat pengaruh secara parsial pada kualitas pelayanan (X) terhadap kepua-san pelanggan (Y) Nextgrow Barbershop di Desa Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dengan kontribusi yang diberikan sebesar 41,8%.
Copyrights © 2022