Jurnal Ilmiah Kesehatan Ar-Rum Salatiga
Vol 6, No 2 (2022)

ANALISIS FAKTOR DOMINAN YANG BERHUBUNGAN DAN MEMPENGARUHI PADA PEMBERIAN IMUNISASI POLIO DI PUSKESMAS JAKABARING TAHUN 2021

Debi Agustini (Universitas Kader Bangsa Palembang)
Supli Effendi Rahim (Universitas Kader Bangsa Palembang)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Imunisasi polio merupakan imunisasi yang diberikan untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit polio. Penyakit polio masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia, mengingat masih adanya kasus dan wabah polio di beberapa daerah di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dukungan suami, peran petugas kesehatan dan pekerjaan secara simultan pada pemberian imunisasi polio pada balita di wilayah kerja Puskesmas Jakabaring tahun 2021.Jenis penelitian adalah Jenis penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional dengan jumlah sampel 49. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa variabel pengetahuan (p value = 0,008), sikap (p value = 0,032) dukungan suami (p value = 0,003), peran petugas kesehatan (p value = 0,038), pekerjaan (p value = 0,023) menunjukkan ada hubungan bermakna dengan pemberian imunisasi polio di Puskesmas Jakabaring tahun 2021. Hasil analisis multivariat menunjukkan faktor yang paling dominan adalah variabel informasi petugas Kesehatan Nilai OR: 8,571(2,248-32,667) p value = 0,003, bahwa pengetahuan dan sikap ibu mempengaruhi pemberian imunisasi polio. Saran untuk petugas kesehatan perlu meningkatkan pemberian informasi mengenai kesehatan bayi khususnya dalam pemberian imunisasi polio.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIKA

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health Veterinary

Description

The Journal Scientific Health of Ar-Rum Salatiga has a pISSN: 2528-3685 and eISSN: 25-98-3857. This journal as a facility of academic facilities in doing tri darma college in research field. The Journal Scientific Health of Ar-Rum Salatiga received various articles / texts in the form of relevant ...